+62 817 999 3455 for quick mobile response contact@noctiscreative.com for inquiry

Mungkin anda sudah sering mendengar kata LED, alat penerangan modern ini semakin banyak dipakai di mana-mana. Berikut kami akan menjelaskan tentang komponen elektronik hemat energi ini.

LED sebagai lampu indikatorLight-Emitting Diode (LED) adalah suatu semi-konduktor yang memancarkan cahaya ketika diberi tegangan listrik. Pada awalnya LED hanya digunakan sebagai lampu indikator saja. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, Penggunaan LED menjadi semakin bervariasi. LED kini dapat ditemukan dimana-mana sebagai alat penerangan pengganti lampu konvensional seperti halogen dan lampu fluorescent, baik untuk Interior Lighting, Architechture Lighting, lampu jalan, kendaraan, televisi, laptop,  bahkan LED ada pada gadget kesayangan kita.

 

Keunggulan LED

Apa yang menyebabkan LED begitu populer?

  • Efisiensi : LED membutuhkan konsumsi daya listrik yang jauh lebih kecil dibandingkan sumber penerangan lainnya.
  • Warna : LED dapat menghasilkan warna yang beraneka ragam, Hal ini memberikan kemudahan pencahayaan  dengan variasi warna yang banyak.
  • Ukuran : LED mempunyai ukuran yang kecil (hanya beberapa milimeter), sehingga mudah di aplikasikan dimana saja.
  • Kecepatan ON/OFF : LED dapat menyala dengan cepat, bahkan tidak sampai sedetik. Oleh karena itu LED sering digunakan pada perangkat yang membutuhkan respon yang cepat.
  • Umur / Durasi : LED dapat berumur sangat panjang. Lampu LED di klaim dapat bertahan hingga 35000-50000 jam. Angka ini merupakan angka yang fantastis dibandingkan dengan umur lampu Fluorescent yang hanya 10000-15000 jam.
  • Ketahanan/kekuatan : LED dibuat dengan komponen-komponen yang solid, Hal ini membuatnya lebih aman dari benturan fisik dibandingkan dengan lampu-lampu konvensional yang mudah pecah.

Lampu-lampu LED sudah banyak diminati masyarakat. Kesadaran masyarakat akan efisiensi penggunaan daya listrik sudah cukup baik. Tentu saja hal ini juga didukung dengan biaya penggunaan lampu LED yang semakin lama semakin terjangkau. Kami menyarankan penggunaan LED untuk huruf timbul dan neon box.

 

OLED, teknologi yang lebih canggih lagi.

Organic Light-Emitting Diode (OLED) atau Diode cahaya organik adalah sebuah semi konduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada tampilan layar atau sensor. Teknologi OLED terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm.

OLED dialiri listrik

OLED pertama kali ditemukan oleh ilmuwan perusahaan Eastman Kodak, Dr. Ching W. Tang pada tahun 1979. Di Indonesia, riset teknologi OLED dimulai pada tahun 2005. OLED diciptakan sebagai teknologi alternatif untuk mengungguli generasi layar sebelumnya. Ketipisan dan bentuk OLED yang lebih fleksibel menjadi alasan utama pengembangan teknologi ini.